Perangkat-perangkat pada komputer

Software adalah adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Perangkat yang dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bisa di operasikan.


Hardware adalah adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, hardware juga adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :

1. input divice (unit masukan)

2. Process device (unit Pemrosesan)

3. Output device (unit keluaran)

4. Backing Storage ( unit penyimpanan)

5. Periferal ( unit tambahan)


Software Utility adalah Perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah NortonUtility.

Utility software secara umum digunakan untuk mendukung, meningkatkan program-program dalam sebuah sistem komputer. Banyak OS sudah memilikiutility program di dalamnya untuk tujuan umum seperti mengkopi isi sebuah disk ke disk lain.

Brainware adalah Brainware merupakan perangkat akal atau orang yang dapat mengopersikan komputer. Dalam hal pemanfaatan komputer secara optimal diperlukan orang-orang yang ahli dalam mengopersikan komputer.

Ditinjau dari secara organisasi, pemakai komputer dikelompokkan menjadi beberapa keahlian seperti:

Data Entry Operator adalah pemakai komputer yang memiliki kemampuan menggunakan program aplikasi untuk menyelsaikan pekerjaan. Pada umumnya keahlian yang harus dimilikinya antara lain mampu mengoperasikan komputer dan peralatan pendukungnya, menggunakan program aplikasi sesuai dengan pekerjaan dan mampu mengarsipkan data ke media penyimpanan sesuai dengan keperluan.

Programmer adalah orang yang dapat menguasai bahasa pemrograman untuk berkomunikasi dengan komputer sehingga dapat memanfaatkan komputer secara optimal sesuai dengan kebutuhan .

Analis System analis sistem berperan melakukan analisa terhadap permasalahan yang dihadapi dalam suatu sistem serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk program komputer.

EDP Manager yaitu orang bertugas dan bertanggung jawab pada semua jaringan komputer dan memelihara perangkat keras komputer pada suatu perusahaan.

1.

Perangkat input adalah erangkat input merupakan peralatan yang dapat digunakan untuk menerima data yang akan diolah ke dalam komputer. Perangkat ini yang digunakan oleh pengguna untuk melakukan interaksi dengan komputer agar komputer melaksanakan perintah yang diberikan oleh penggunanya. Prinsip kerja yang dilakukan perangkat input adalah merubah perintah yang dapat dipahami oleh manusia kepada bentuk yang dipahami oleh komputer (machine readable form), ini berarti mengubahkan perintah dalam bentuk yang dipahami oleh manusia kepada data yang dimengerti oleh komputer yaitu dengan kode-kode binary (binary encoded information).

Perangkat input diantaranya adalah:

a. Keyboard

Adalah papan ketik yang di gunakan untuk perangkat masukan dalam komputer.

b. Mouse

Adalah perangkat yang digunakan untuk menggerakan kursor di komputer

c. Scanner

Perangklat yang digunakan untuk mengambil gambar atau objek ke kalam komputer.

d. Joystick

Perangkat yang digunakan untuk memainkan game.

e. Light pen

Fungsi pulpen pada komputer.

f. Touch pad

Papan sentuh untuk mengoperasikan komputer.

g. Game paddle

Digunakan untuk mengontrol game.

h. Barcode

Perangkat untuk mengecek harga suatu barang

i. Kamera digital

Perangkat yang digunakan untuk mengambil objek gambar.

j. Microphone

Perangkat yang digunakan untuk memasukan suara atau sound ke dalam perangkat komputer.

k. Graphic phad

Perngkat masukan yang berupa grafik, atau pemrosesan grafik

Perangkat output adalah perangkat yang mengeluarkan data , program , atau yang lain sebagainya

Peralatan Output diantaranya adalah:

a. Layar monitor

Adalah berupa layar pada monito komputer yang di tampilkan

b. Printer

Adalah perangkat yang digunakan untuk mencetak objek pada komnputer yang telah diolah

c. Speaker

Perangkat pengeluaran yang digunakan untuk mengeluarkan suara atau sound agar bias didengarkan.

Pengertian perangkat Proses adalah keadaan ketika sebuah program sedang di eksekusi. Saat komputer berjalan, terdapat banyak proses yang berjalan secara bersamaan. Sebuah proses dibuat melalui system call create-process yang membentuk proses turunan ( child process) yang dilakukan oleh proses induk ( parent process). Proses turunan tersebut juga mampu membuat proses baru sehingga semua proses ini pada akhirnya membentuk pohon proses.

Peralatan pemrosesan diantaranya adalah:

a. Power supply

Batery di komputer yang berfungsi untuk menyupply listrik

b. RAM (Random Acces Memory)

Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.

c. VGA Card

Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika.

d. Mother board

Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.

e. Prosesor (unit pemprosesan)

Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda,

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar